Pemkab Wonogiri Memgajukan 1.500 Formasi CPNS 2014

0

CPNS Wonogiri 2014 – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri mengajukan 1.500 formasi rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Saat ini, BKD masih menunggu persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) terkait pelaksanaan rekrutmen CPNS.

Kabid Pengembangan Karir BKD Wonogiri, Bambang Karno, mengatakan pihaknya telah mengajukan rekrutmen CPNS ke Pemerintah Pusat pada tahun ini. Sebab, ada ratusan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri yang telah memasuki masa pensiun. “Kami telah mengajukan formasi penerimaan CPNS pada tahun ini. Namun, kewenangan tetap berada di Pemerintah Pusat,” katanya saat ditemui wartawan di Kantor Setda Wonogiri, Selasa (1/7/2014).

Mayoritas PNS yang memasuki masa pensiun merupakan tenaga pengajar dan kesehatan di Kota Gaplek. Apalagi, saat ini, Wonogiri masih krisis guru SD. Karena itu, instansi terkait mengajukan penerimaan CPNS untuk mengisi kekurangan tenaga pengajar dan kesehatan.

Kendati demikian, kewenangan apakah membuka rekrutmen CPNS atau tidak berada di Pemerintah Pusat. “Kemungkinan memang ada namun kami tak bisa memutuskan untuk merekrut CPNS pada tahun ini. Semua tergantung Pemerintah Pusat, kami hanya melaksanakan instruksi,” terang dia.

Lebih jauh, Bambang menjelaskan pihaknya telah menyusun Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK). Anjab dan ABK itu digunakan untuk menganilisis jumlah PNS dibanding beban kerja di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Wonogiri.

Apabila penyusunan Anjab dan ABK rampung maka pihaknya akan mengkaji secara mendalam untuk menata para PNS di setiap SKPD. Tak menutup kemungkinan, para PNS di SKPD yang kelebihan pegawai dipindah ke SKPD yang kekurangan pegawai.

Di sisi lain, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wonogiri, Rumanti Permanandyah, menyatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran penerimaan CPNS senilai kurang lebih Rp700 juta. Apabila pengajuan formasi CPNS disetujui Pemerintah Pusat maka kemungkinan besar akan membuka lowongan rekrutmen CPNS pada tahun ini.

Berdasarkan data BKD Wonogiri, jumlah PNS di Kabupaten Wonogiri sebanyak 12.000 pegawai. Mayoritas merupakan para tenaga kesehatan dan pengajar yang tersebar di 25 kecamatan se-Wonogiri.

Share.