Sebanyak 150 PNS Anambas Mengikuti Ujian Sertifikasi

0

Sertifkasi PNS Anambas – Berikut ini adalah pengumuman terbaru dari informasi Sertifkasi PNS Anambas Terbaru

Kami berharap update terbaru tentang Sertifkasi PNS Anambas bermanfaat bagi Anda

Sertifkasi PNS Anambas

Sebanyak 150 Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengikuti pelatihan sekaligus Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (PB/J).

Acara yang diadakan selama empat hari (12-16 Februari 2013) oleh Badan Kepegawaian Daerah tersebut, dibuka oleh Sekretaris daerah Anambas, Radja Tjelak Nur Djalal di Hotel Tarempa Beach, Selasa (12/2).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Iip Ilham Firman SStp. Msi, sejumlah kepala dinas, serta seluruh PNS KKA sebagai peserta pelatihan dan ujian, termasuk beberapa narasumber dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat Jakarta.

dalam sambutannya, Iip Ilham Firman mengharapkan seluruh peserta bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan bisa mendapatkan sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah sesuai dengan prinsip Unit Pengadaan Barang dan Jasa (ULP).

Disamping itu, para peserta pelatihan nantinya mampu menghasilkan sesuatu yang berarti bagi pengguna dan penguasa anggaran, sekaligus efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

“Harapan kita kepada para peserta bisa mengikuti pelatihan dengan sungguh-sunggu dan semaksimal mungkin. Agar tidak terjadi kekeliruan dalam pelaksanaan tugas nantinya. Pelatihan ini adalah suatu keharusan bagi pelaku pengadaan untuk memiliki sertifikat KKA,” kata Iip.

Dilingkungan Pemerintah Kepulauan Anambas (KKA) saat ini, baru terdapat 173 PNS yang telah memiliki sertifikat PB/J, dan sisanya belum. Oleh karena itu, BKD KKA sangat berharap agar jumlah peserta yang lulus dalam pelatihan kali ini bisa meningkat sehingga untuk proses pengadaan nantinya tidak perlu meminjam tenaga lagi.

“Selain itu, para pelaku pengadaan harus memiliki integritas moral yang tinggi, dapat melaksanakan proses sesuai aturan yang ada dan tidak tergiur dengan sesuatu yang menyimpang,” tegasnya.

Sementara Sekretaris Daerah KKA, Radja Tjelak Nur Djalal mengungkapkan, pelatihan ditujukan agar Pemkab Anambas mampu mengelola anggaran negara yang ada dengan tepat, benar dan sesuai dengan aturan yang ada.

“Bagi para peserta harusnya merasa beruntung, karena Perpres No. 70 Tahun 2012 yang merupakan perubahan kedua dari Perpres No. 54 Tahun 2010, adalah Perpres baru yang telah diundangkan pada bulan Agustus 2012. Dan hingga saat ini baru beberapa saja yang bersertifikat,” ungkapnya.

Ia juga meminta, agar sebelum narasumber menyampaikan materinya peserta sudah mempunyai bahan petanyaan, sehingga pemahaman akan peraturan-peraturan itu cepat didapat. Dan bagi PNS memiliki Sertifikasi PB/J adalah Wajib,?atanya.

Dikatakan, pelatihan yang diberikan merupakan bentuk keseriusan Pemkab Anambas dalam mewujudkan pemerintahan yang akuntabilitas, menuju penciptaan good goverment melalui peningkatan mutu SDM pegawai yang berkualitas.

Ujian sertifikasi ini lanjutnya, sangat penting, mengingat sejumlah program pemerintah yang telah disusun, tidak akan berjalan dengan baik bila aparatnya tidak memahami bagaimana proses pengadaan barang dan jasa tersebut dengan baik.

Untuk itu, dalam pelaksanaan ujian ini, peserta tidak diperbolehkan keluar ruangan atau pun dengan alasan menerima panggilan tugas, selain hanya tetap serius dalam mengikuti kegiatan yang dilaksanakan. [mes]

Itulah Info Tentang Sertifkasi PNS Anambas yang dapat informer sampaikan, semoga berguna bagi Anda

Share.